Abhinaya Reksa Buwana Festival Budaya Jawa

Abhinaya Reksa Buwana Festival Budaya Jawa

Definisi Abhinaya Reksa Buwana

Kegiatan utama dalam festival Abhinaya Reksa Buwana adalah kirab budaya. Kirab budaya ini menampilkan berbagai kesenian tradisional Jawa, seperti jatilan, barongsai, dan reog. Selain itu, festival ini juga dimeriahkan dengan kenduri, bazaar UMKM, sendratari, dan flashmob.

Kirab budaya

Kirab budaya merupakan salah satu kegiatan yang paling ditunggu-tunggu dalam festival Abhinaya Reksa Buwana. Kirab budaya ini menampilkan berbagai kesenian tradisional Jawa, seperti jatilan, barongsai, dan reog. Kirab budaya ini dimulai dari Embun Imogiri dan berakhir di Watu Goyang.

Kenduri

Kenduri merupakan acara makan bersama yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Kenduri ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan. Kenduri ini digelar di lokasi festival, yaitu di Embun Imogiri dan Watu Goyang.

wisata watu goyang

Tujuan dan sasaran festival

Bazaar UMKM

Bazaar UMKM merupakan tempat untuk memasarkan produk-produk UMKM dari masyarakat sekitar. Bazaar UMKM ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Sendratari Nitik Siti Wangi

Sendratari Nitik Siti Wangi merupakan pertunjukan seni tari yang menceritakan kisah cinta antara Nitik dan Siti Wangi. Sendratari ini menampilkan keindahan budaya Jawa dalam bentuk seni tari.

Flashmob Topeng Notowono

Flashmob Topeng Notowono merupakan penampilan seni tari yang dilakukan secara spontan oleh para penari. Flashmob ini bertujuan untuk menghibur para pengunjung festival.

Lokasi festival

Festival Abhinaya Reksa Buwana digelar di dua lokasi, yaitu Embun Imogiri dan Watu Goyang. Embun Imogiri merupakan sebuah kompleks pemakaman raja-raja dan tokoh-tokoh penting di Yogyakarta. Watu Goyang merupakan sebuah batu besar yang dipercaya dapat bergoyang jika disentuh.

Peserta festival

Peserta festival Abhinaya Reksa Buwana terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari masyarakat umum, wisatawan, hingga para seniman dan budayawan. Festival ini juga diikuti oleh berbagai komunitas seni dan budaya dari berbagai daerah di Indonesia.

Ekonomi kreatif

Festival Abhinaya Reksa Buwana memberikan dampak positif bagi ekonomi kreatif masyarakat sekitar. Festival ini menjadi wadah bagi masyarakat sekitar untuk memasarkan produk-produk UMKM mereka. Selain itu, festival ini juga menjadi daya tarik wisata yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Yogyakarta.

Masyarakat sekitar

Masyarakat sekitar menyambut baik diadakannya festival Abhinaya Reksa Buwana. Festival ini memberikan peluang bagi masyarakat sekitar untuk meningkatkan perekonomian mereka. Selain itu, festival ini juga menjadi ajang untuk mempromosikan potensi wisata alam Yogyakarta.

sunrise mangunan bantul

Saran dan Harapan

Peningkatan jumlah peserta dan pengunjung

Festival Abhinaya Reksa Buwana masih belum dikenal luas oleh masyarakat luas. Untuk meningkatkan jumlah peserta dan pengunjung, festival ini perlu dipromosikan lebih gencar lagi. Promosi dapat dilakukan melalui berbagai media, seperti media sosial, media massa, dan acara-acara kebudayaan.

Penambahan kegiatan yang menarik

Kegiatan-kegiatan yang ada di festival Abhinaya Reksa Buwana masih belum terlalu banyak. Untuk meningkatkan daya tarik festival, perlu ditambahkan kegiatan-kegiatan yang menarik, seperti pertunjukan seni dan budaya dari berbagai daerah di Indonesia, lomba seni dan budaya, dan kegiatan-kegiatan edukasi.

Peningkatan promosi festival

Promosi festival Abhinaya Reksa Buwana masih belum maksimal. Untuk meningkatkan promosi festival, perlu dilakukan kerja sama dengan berbagai pihak, seperti pemerintah daerah, pelaku pariwisata, dan komunitas seni dan budaya.

Dengan peningkatan kualitas tersebut, diharapkan festival Abhinaya Reksa Buwana dapat menjadi salah satu festival seni dan budaya yang terbesar dan terpopuler di Indonesia. Festival ini dapat menjadi wadah untuk melestarikan seni dan budaya Jawa, mempromosikan potensi wisata alam Yogyakarta, serta meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat sekitar.