Keindahan Embung Sriten Nglipar Gunung Kidul Jogja

Embung Sriten Nglipar menjadi salah satu spot wisata waduk di daerah Kabupaten Gunung Kidul. Selain Embung ini, terdapat Embung Nglanggeran yang berdekatan dengan air terjun Kedhung Kandang tidak kalah menarik. Keduanya berada di alam perbukitan dengan pesona pemandangan hijau nan asri.

Dengan dilengkapi fasilitas wisata yang memudahkan aktivitas wisata, Jogja menjadi salah satu daerah wisata terkenal di Indonesia hingga mancanegara. Beberapa fasilitas yang tersedia diantaranya, paket wisata jogja, sewa kendaraan wisata, tour Jogja, hotel dan penginapan dan fasilitas wisata lainnya.

Embung Sriten Nglipar

Embung ini terbilang obyek wisata yang unik. Karena sebenarnya tempat ini adalah bendungan atau waduk yang dipakai oleh warga sekitar seperti halnya Waduk Sermo di Kulonprogo. Daerah Kabupaten Gunung Kidul memang memiliki kesulitan untuk mengakses air bersih karena berada pada dataran yang tinggi. Embung di nglipar ini ternyata bukan hanya dimanfaatkan airnya, namun juga menjadi daya tarik wisata tersendiri.

Pemerintah setempat atau warga juga bermaksud untuk membangun pertanian atau perkebunan yang juga menjadi daya tarik wisata yaitu daerah agrowisata. Untuk informasi lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Lokasi dan Rute

Embung Sriten Nglipar berada di Bukit Sumilir, Dusun Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk akses jalan, sudah cukup memadai. Hanya perlu kewaspadaan pada area terjal sebab lokasi berada di Puncak Bukit.

Mengenai rute yang ditempuh, jika berjalan dari arah Kota Jogja Anda harus mengarah ke Jalan Wonosari. Melewati Kecamatan Piyungan menuju ke arah Kecamatan Pathuk. Di Pathuk kemudian menjumpai pertigaan Sambipitu. Di pertigaan kemudian masih berjalan ke arah Nglipar hingga menemui pertigaan Kantor Kepala Desa Pilangrejo dan mengikuti petunjuk ke arah Embung Batara Sriten.

Fasilitas

Sejak diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada September 2014 lalu, Embung Batara Sriten menjadi obyek wisata yang cukup memadai. Di sini terdapat beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati wisata di Embung Sriten Nglipar, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp. 3.000. Selain itu, bagi yang membawa kendaraan baik pribadi maupun wisata akan dikenakan biaya mulai dari Rp. 2.000 hingga Rp. 10.000.

Saran Tambahan

Embung Nglipar ini biasanya menjadi target wisatawan yang ingin menikmati keindahan sunrise di pagi hari dan syahdunya sunset di sore hari. Suasana di sini sangat mendukung dengan kesegaran udaranya karena berada di puncak bukit. Namun bukan hanya itu saja Anda dapat pula melakukan beberapa aktivitas lainnya.

Untuk generasi milenial yang gemar bersosial media, obyek wisata ini jelas dapat dijadikan spot foto yang menampilkan panorama alam yang asri dan indah. Selain itu, Embung Nglipar ini juga menjadi lokasi camping, trekking, hammocking dan aktivitas wisata alam lainnya yang biasa dilakukan.

Yang perlu diwaspadai adalah rute terjal menuju ke lokasi ini. Sebab jalanan bukan terbuat dari aspal. Hanya semen dan tanah di sisi-sisinya. Hindari mendaki rute ini pada saat hujan karena akan licin. Tidak disarankan menggunakan motor matic.

Lokasi ini mulai buka pada pukul 05.00 hingga 18.00. Tidak disarankan untuk mengunjungi sebelum dan sesudah jam tersebut karena lingkungan yang sepi dan jauh dari perhatian warga setempat. Demikian ulasan terkait Embung Nglipar ini untuk Anda. Semoga bisa menjadi tambahan referensi liburan di Jogja untuk Anda bersama keluarga.