Pesona Keindahan Pantai Dari Ketinggian, Bukit Paralayang

Bukit Parang Endog merupakan bukit yang berada di sebelah timur Pantai Parangtritis, tepatnya berada di Pantai Parang Endog. Pantai Parang Endog ini tidak begitu populer sebagaimana Pantai Parangtritis. Namun, keberadaan Bukit Parang Endog menjadi salah satu yang membuat Pantai Parang Endog menjadi populer. Bukit Parang Endog atau Bukit Paralayang Watu Gupit adalah obyek wisata sekaligus wahana olahraga udara yang terdapat di Jogja. Dengan memanfaatkan paket wisata jogja, Anda bisa mengunjungi salah satu dari beberapa obyek wisata Jogja yang menampilkan pesona keindahan pantai dari ketinggian seperti ini.

Meskipun baru saja dimanfaatkan sebagai lokasi yang bisa dikunjungi untuk wisata, namun Bukit Parang Endog memiliki pesona yang bisa jadi tidak ditemukan di lokasi-lokasi lainnya. Nah, bagaimana gambaran selengkapnya? Aktivitas apa saja dan hal apa saja yang menarik di obyek wisata ini? Simak ulasannya berikut ini.

Bukit Paranglayang

Dinamakan bukit Parang Endog karena terdapat banyak bebatuan karang besar yang berbentuk endog (telur). Bukit ini lebih akrab di mata para atlit paralayang karena memang di sini biasa diadakan even atraksi olahraga udara Jogja Air Show. Namun bukan berarti tidak memiliki daya tarik wisata, justru sebaliknya. Seperti halnya Puncak kosakora di Gunungkidul, bukit ini menyuguhkan pemandangan pantai dan samudera yang luar biasa. Pantai parangtritis dan pantai pada bukit ini adalah pantai yang terbentang membujur dan dihiasi dengan bebatuan serta bukit karang. Di tambah dengan keindahan suasana alam hijau yang bersambung dengan pantai dan perbukitan, tentu saja ini menjadi pemandangan yang berbeda.

Rute dan Lokasi

Lokasi bukit ini berada kurang lebih 3 km sebelah timur pantai parangtritis tepatnya di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul. Kondisi jalan menanjak menuju bukit lebih menatang sehingga disarankan untuk tidak menggunakan kendaraan bagi yang tidak mampu. Namun begitu, meskipun mampu dengan kendaraan yang cocok, untuk menuju ke lokasi wisatanya persis Anda juga tetap harus memarkir kendaraan dan berjalan kaki. Untuk memudahkan menuju lokasi wisata ini, Anda bisa terlebih dahulu mengarah ke pantai parangtritis. Perjalanan menuju pantai parangtritis relatif nyaman dan mudah. Namun berbeda untuk menuju Bukit Paralayang Watu Gupit.

Fasilitas

Biasanya para wisatawan menjadikan bukit indah ini sebagai spot untuk menikmati sunset di sore hari dan spot untuk berfoto ria tentunya. Selain itu juga bisa melihat para atlit paralayang beraksi karena jika sedang tidak diadakan even air show, tempat ini dijadikan lokasi latihan bagi mereka.

Harga Tiket Masuk

Bukit wisaa ini setiap hari buka mulai pukul 05.00 sampai 18.30. Untuk masuk lokasi wisata Anda hanya perlu membayar retribusi sebesar Rp. 15.000. Sedangkan untuk parkir akan dikenakan biaya sebesar 5.000 hingga 10.000. Bukan hanya itu, para wisatawan juga ditawarkan untuk bisa mengikuti paralayang dengan pemandu yang sudah terlatih, dengan biaya sebesar Rp. 300.000 hingga Rp. 350.000 per orang.

Saran Tambahan

Meski hanya bisa melakukan aktivitas berfoto, namun banyak hal-hal yang bisa dinikmati di lokasi ini. Anda bisa menikmati pemandangan pesisir pantai, melihat langsung aktivitas atlet paralayang, menikmati sunset dan aktivitas lainnya. Masih banyak perbukitan lainnya di area jogja dan sekitarnya yang tidak kalah menariknya dengan obyek wisata yang satu ini. Anda cukup menghubungi paket wisata Jogja untuk bertanya informasi dan menikmati paket perjalanan wisata untuk menikmati obyek-obyek wisata yang terdapat di Jogja Demikian ulasan tentang bukit Parang Endog. Semoga bisa menambah koleksi informasi wisata terbarunya dan menghibur bagi Anda.