Spot Eksotis Tebing Breksi, dan sejarahnya

Spot Eksotis Tebing Breksi, dan sejarahnya

Tebing Breksi ialah salah satu spot wisata paling menantang yang ada di Yogyakarta. Objek wisata ini berada di Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Setiap akhir pekat, Tebing Breksi selalu ramai dikunjungi oleh para pelancong dan petualang yang datang dari berbagai daerah. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, maka coba simak detail informasi berikut!

Sejarah Terbentuknya Tebing Breksi

Dikenal sebagai tebing terjal yang fotogenik, sudahkah Anda mengetahui asal usul munculnya tebing ini? Berdasarkan sejumlah penelitian diketahui jika Tebing Breksi berasal dari batuan kapur dengan ketinggian mencapai 30 meter. Disinyalir bebatuan tersebut terbentuk karena letusan atau erupsi gunung merapi Nglanggeran dan Gunung Kidul dahulu kala. Setelah alam melakukan hal itu, kemudian terbentuklah batuan kapur dan tebing terjal.

tebing breksi jogja

Fakta menarik lainnya yang harus diketahui, tebing ini ialah bekas area pertambangan yang sudah lama ditinggalkan pengelolanya. Seiring berjalannya waktu, tebing mulai dikelola masyarakat setempat sebagai spot wisata dan spot petualangan yang sangat ciamik. Berikan acungan jempol untuk masyarakat setempat. Bagaimana tidak, bebatuan yang terlantarkan akhirnya bisa disulap menjadi Tebing Breksi dan bahkan menjadi salah satu lokasi wisata paling diburu hari ini. Lokasinya yang berdekatan dengan Candi Ijo dan Puncak Bucu Piyungan membuat Tebing Breksi selalu dimasukkan dalam list kunjungan wisatawan. Dari sekian banyak aktivitas menyenangkan di Tebing Breksi, berburu dan menangkap momen sunrise merupakan kegiatan terbaik yang selalu diincar wisatawan.

Altar dan Anak Tangga Menawan Seperti di Roma

Masih tidak jauh dari Tebing Breksi, Anda bisa melihat sebuat altar atau tlatar yang bentuknya sangat menyerupai panggung drama yang ada di Roma dahulu. Tlatar tersebut berbentuk lingkaran dan kabarnya berdiameter 15 meter. Di sekitar tlatar juga terdapat banyak tempat duduk sebagai lokasi yang siap diisi penonton saat tlatar sedang diisi sebuah pertunjukan. Bukan hanya layarnya saja yang menawan lho, bahkan ratusan anak tangga yang memudahkan Anda tiba di puncak juga menawarkan pesonanya tersendiri. Jika tebing lainnya harus dipanjat terlebih dahulu guna mencapai puncak, lain halnya dengan Tebing Breksi. Di tempat ini telah dihiasi anak tangga layaknya terukir dari batuan kapur yang bisa Anda gunakan untuk mencapai puncak, ingat dengan catatan telah memperoleh izin dari pihak pengelola. 

Jika diperhatikan lebih detail, Tebing Breksi sangat mirip dengan kastil di luar negeri karena ada ratusan anak tangga yang menawan dan menambah kesan dramatis. Dinding-dinding Tebing Breksi juga memiliki hiasan yang unik sehingga menambah nilai keindahan alam di tempat ini. Tangan-tangan seniman handal telah berhasil memanfaatkan batu kapur yang dipahat menjadi karya seni penuh pesona dan kemegahan.

Tiket Masuk dan Fasilitas di Tebing Breksi

Kabar baiknya untuk Anda yang ingin menyambangi Tebing Breksi, tiket masuk yang harus Anda bayar bisa diberikan seikhlasnya lho. Tidak ada patokan harga khusus yang harus Anda bayar untuk menikmati semua seguhan pesona menakjubkan di Tebing Breksi. Meskipun demikian, tetap ada nominal uang yang harus Anda keluarkan saat ingin mengunjungi tempat ini. Khususnya biaya parkir sepeda motor atau mobil dengan harga yang sangat terjangkau. Beberapa fasilitas yang bisa Anda dapatkan saat mendatangi lokasi wisata ini ialah warung makan, toilet bersih, tempat beribadah, area parkir yang cukup luas dan masih banyak lainnya. Sangat tepat memilih Tebing Breksi sebagai lokasi wisata terbaik menyambut akhir pekan.