Wisata Alam Pule payung - Kulon Progo

Wisata Alam Pule Payung

Wisata alam Pulepayung adalah tujuan favorite wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Jadi berekreasi ke Jogja tidak akan lengkap bila tidak menyambangi wisata alamnya yang memesona. Tempat ini sudah menjadi kawasan wisata nasional, yang pengelolaannya dari pemerintah kepada warga setempat. Dan area ini sebelumnya hanyalah kawasan hutan negara yang subur. Tetapi, pembalakan hutan sudah merusak tempat ini, sehingga pemerintah ikut turun tangan meremajakannya.

Harga Tiket Masuk Pulepayung

Untuk memasuki objek wisata ini, wisatawan harus membayar tiket masuk. Tidak hanya itu, dari sebagian spot foto juga ada tarif tertentu. Yang mana berbeda antara satu spot dengan spot yang lain. Harga tiket masuk Pulepayung hari biasa 20 ribu dan International Tourist 30 ribu. Kemudian untuk spot foto tarifnya 20 ribu sampai 50 ribu rupiah.

Jam Buka Wisata Pulepayung

Kita bisa berkunjung ke objek wisata Pulepayung mulai pagi hari sampai sore. Bagkan wisatawan bisa berlama– lama menikmati keelokan pemandangannya. Terlebih lagi saat sore hari, wisatawan bisa melihat keelokan matahari terbenam tiap hari sekitar pukul 4 sampai 5 sore hari.

Jalur trekking wisata Pulepayung 

Jalan naik ke atas yang sudah lumayan bagus dapat dengan mudah kita lewati dengan mobil pribadi. Dan jangan lupa kalibiru terletak pada ketinggian 450 mdpl, yang saat ini sudah menjadi hutan wisata nan subur. Dan dengan perbukitan yang menghijau oleh bermacam pepohonan, semacam cemara, jati dan kayu putih. Kemudian tempat wisata ini terletak dalam area pedesaan, jangan heran bila banyak bertemu dengan rumah berarsitektur Jawa kuno. Bahkan rumah– rumah ini berfungsi sebagai kantor pengelola dan loket tiket masuk. Sehabis itu, wisatawan harus melakukan trekking ke atas untuk bisa menuju spot utama.

Dan jangan kuatir sepanjang jalur setapak sudah ada tempat untuk istirahat, jika merasa capek wisatawan tinggal berhenti sejenak. Dan sepanjang perjalanan ini wisatawan akan menemukan bermacam jenis vegetasi. Mulai dari semak– semak sampai pepohonan berbatang kayu yang bercabang– cabang. Dan tidak hanya itu, terdapat pula tumbuhan anggrek yang seakan bersembunyi pada rimbunnya pepohonan.

Menilik Keeksotisan Pulepayung

Wisatawan akan mendapat pengaman sat menaiki menara pandang. Dan dengan berlatar hijaunya area perbukitan dan pegunungan akan sangat memanjakan mata. Dan wisata alam Pulepayung menyediakan menara pandang yang bisa wisatawan gunakan untuk menikmati panorama alam sekitar. Selanjutnya sambil berfoto dengan latar belakang perbukitan yang menyelimuti hijaunya pepohonan. Perlu kamu tahu bahwa menara pandang ini berupa pohon pinus yang sudah ada papan kayu serta tangga gantung.

Dari sini, wisatawan tidak cuma bisa melihat perbukitan dengan pepohonan. Tetapi juga jajaran Pegunungan Menoreh serta Waduk Sermo yang berkelok. Waduk Sermo ialah bendungan terbesar Jogja yang bisa kita lihat dari sini. Dan luas dari waduk tersebut mencapai 157 hektar, yang berguna untuk pengairan serta perikanan. Wujudnya yang berkelok membelah pepohonan membuatnya nampak sangat indah. Jadi jangan sampai terlewat untuk mengabadikan momen dari menara pandang.

Sarana di Wisata Alam Pulepayung

Objek Wisata Pulepayung menyediakan sarana wisata yang lengkap serta terpelihara dengan baik. Terdapat wc bersih, warung makan, serta area parkir yang lumayan luas. Tidak hanya itu, terdapat pula homestay untuk wisatawan yang mau menikmati kehidupan di desa. Jika Anda membutuhkan paket sewa mobil Jogja. 

Anda juga bisa menghubungi nomor Whatsapp ini atau Silahkan klik link ini >>> untuk bertanya dan diskusi tentang paket jalan - jalan di yogyakarta